Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

slide

penelitian kacang hijau

BAB I PENDAHULUAN

Judul :pengaruh sinar matahari terhadap
               Pertumbuhan biji kacang hijau”

Rumusan masalah : Apakah sinar matahari berpengaruh tarhadap
                                  pertumbuhan biji kacang hijau

Latar belakang :
             Kacang hijau adalah tunbuhan palawiya yang banyak dibudidayakan di daerah tropis.Dalam pertumbuhan biji kacang hijau dipengaruhi beberapa faktor salahsatunya cahaya matahari. Pentingnya pengaruh sinar matahari terhadap   pertumbuhan biji kacang hijau dikaitkan dengan kualitas hasil penen biji kang hijau nantinya. Nilai jual beli biji kang hijau yang berkualitas lebih mahal  daripada biji kacang hijau yang tidak berkualitas. pada penelitian ini akan membahas mengenai perlakuan yang akan ditimbulkan dari pemberian intensitas cahaya matahari yang berbeda.

Tujuan penelitian : Untuk mengetahui pengaruh sinar matahari
                                 terhadap pertumbuhan biji kacang hijau.

Manfaat penelitian : - Sebagai sumber informasi dalam pengembangan
                                     teknologi pertanian
                                    - Sebagai sumber informasi bagi petani kacang
                                      hijau dalam meningkatkan kualitas hasil panen
                                      biji kacang hijau.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Kajian teori
      Pengertian pertumbuhan adalah prose bertambahnya ukuran mahluk hidup yang sifatnya tidak dapat kembali lagi.Pertumbuhan dipengaruhi banyak faktor. Banyak faktor alasan atau penyebab yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tumbuh-tumbuhan, tanaman, pohon, dll. Apabila faktor tersebut kebutuhannya tidak terpenuhi maka tanaman tersebut bisa mengalami dormansi / dorman yaitu berhenti melakukan aktifitas hidup. Faktor pengaruh tersebut yakni :
1. Faktor Suhu / Temperatur Lingkungan
Tinggi rendah suhu menjadi salah satu faktor yang menentukan tumbuh kembang, reproduksi dan juga kelangsungan hidup dari tanaman. Suhu yang baik bagi tumbuhan adalah antara 22 derajat celcius sampai dengan 37 derajad selsius. Temperatur yang lebih atau kurang dari batas normal tersebut dapat mengakibatkan pertumbuhan yang lambat atau berhenti
2. Faktor Kelembaban / Kelembapan Udara
Kadar air dalam udara dapat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan. Tempat yang lembab menguntungkan bagi tumbuhan di mana tumbuhan dapat mendapatkan air lebih mudah serta berkurangnya penguapan yang akan berdampak pada pembentukan sel yang lebih cepat.
3. Faktor Cahaya Matahari
Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat melakukan fotosintesis (khususnya tumbuhan hijau). Jika suatu tanaman kekurangan cahaya matahari, maka tanaman itu bisa tampak pucat dan warna tanaman itu kekuning-kuningan (etiolasi). Pada kecambah, justru sinar mentari dapat menghambat proses pertumbuhan.
4. Faktor Hormon
Hormon pada tumbuhan juga memegang peranan penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan seperti hormon auksin untuk membantu perpanjangan sel, hormon giberelin untuk pemanjangan dan pembelahan sel, hormon sitokinin untuk menggiatkan pembelahan sel dan hormon etilen untuk mempercepat buah menjadi matang.
Rumusa hipotesis
·        Sinar matahari mempengaruhi pertumbuhan biji kacang hijau.
·        Sinar matahari tidak mempengaruhi pertumbuhan biji kacang hijau.
 
Prosedur pelaksanaan penelitian
1. siapkan alat dan bahan yang di perlukan
2. masukkan kapas ke dalam 2 wadah dengan ketebalan yang sama
3. tuankan air ke ke-dua wadah tersebut secukupnya
4. masukkan biji kacang hijau ke ke-dua wadah masing-masing 7 biji
5. tempatkan wadah I pada tempat terbuka sedangkan wadah II tempatkan
     pada tempat yang tidak terkena matahari
6. amati pertumbuhan biji dengan interval 1 hari sekali
7. catat hasil pengamatan ke dalam tabel pengamatan


Hasil pengamatan

No
Waktu
Wadah I
Wadah II
1
Hari pertama
Belum tumbuh
Belum tumbuh
2
Hari ke-2
7 mm
1 cm
3
Hari ke-3
1 cm
1,5 cm
4
Hari ke-4
2,5 cm
3 cm
5
Hari ke-5
7 cm
7,5 cm
6
Hari ke-6
1o cm
17 cm
7
Heri ke-7
11 cm
20 cm
8
Hari ke-8
12 cm
22 cm
9
Hari ke-9
12,3 cm
22,5 cm
10
Hari ke-10
12,5 cm
23 cm

BAB IV DATA DAN PEMBAHASAN
Deskripsi data
kelompok
Kecepatan rata-rata pertumbuhan biji kacang hijau
Wadah I
6,9 cm
Wadah II
11,75 cm
pembahasan
          percobaan ini menghubungkan antara kacang hijau dan sinar matahari.Bila dilihat dari hasil pengamatan, hasil pengamatan wadah I mununjukkan perbedaan dari hasil pengamatan wadah II. Tanaman kacang hijau pada wadah I yang tumbuh pada tempat yang mempunyai sinar matahari yang cukup tampak lebih subur dan daun berwarna hijau dengan batang yang kokoh, sebaliknya pada wada II yang tumbuh pada tempat yang tidak terkena sinar matahari tampak pucat dan daun berwarna kuning pucat dengan batang yang kecil dan tinggi.
          Pada hari pertama pengukuran belum tampak perberdaan karena tumbuhan pada kedua wadah tersebut belum tumbuh (belum berkecambah). Pada hari ke-2 pengukuran tamanaman sudah tumbuh wadah I yang yang tinggi nya 7 mm sedangkan wadah II yang tingginya 1cm. . Dari hari pertama sampai hari ke-4, tidak ada daun pada tumbuhan kacang hijau. Namun pada hari ke-5, daun pada tumbuhan kacang hijau mulai tumbuh pada kacang hijau wadah I dan wadah II yang masing-masing jumlah daunnya 2 lembar. akar dan batang sudah dapat di bedakan sehingga panjang batang dulunya diukur, sebenranya itu termasuk panjang akar juga, tapi karena belum terlalu terlihat mana yang bagian akar dan batang, maka diukur dari ujung akar sampai ujung batang. pada hari ke-6, pertumbuhan tanaman kacang hijau semakin cepat dan mengakibatkan bertambahnya panjang batang. Pada hari ke-7 sampai hari ke-10 pertumbuhan kacang hijau wadah I agak lambat karena tiap harinya hanya berbeda beberapa mm atau beberapa cm saja
begitu pun yang terjadi pada wadah II. Pada proses penelitian ini berlangsung terjadi penggantian kapas pada hari pertama pada wadah I, dikarenakan pada wadah I itu berdebu.
 
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
       Dari hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa sinar matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau  karena kacang hijau yang mendapatkan cahaya yang cukup tumbuh lebih subur,ukuranya lebih kecil dan tumbuh lebih lambat.

Saran
          Sebaiknya dalam penelitian ini penyiraman tanamannya itu waktunya ditentukan dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar